a d v e r t i s e m e n t s

Mampukah Bertahan Hidup di Jakarta dengan Gaji 3 Juta per Bulan?

GAJIAN.NET – Bertahan untuk tetap tinggal dan mencari nafkah di Jakarta Ibukota Negara menjadi pilihan para pendatang. Gaji UMR di Jakarta saat ini mencapai hampir Rp 3 Juta per bulan. Mampukah bertahan hidup di Jakarta dengan gaji ‘hanya’ Rp. 3 juta per bulan?

monas jakarta

a d v e r t i s e m e n t s

 

Jawabannya pastinya relatif. Tapi jika mau berpikir sehat, dengan gaji Rp. 3 juta, sangat bisa untuk tetap bertahan hidup di Jakarta. Bahkan untuk mereka yang gajinya dibawah Rp. 3 juta masih bisa untuk tetap meneruskan hidupnya di Ibukota.

Semua itu bergantung pada bagaimana cara mengelola gaji yang diperoleh dengan baik. Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang menakuti diri sendiri. Pertanyaan yang tepat adalah bagaimana cara mengelola gaji Rp. 3 juta per bulan?

Eko Endarto, seorang pakar perencanaan keuangan menggaris bawahi pentingnya mengelola gaji. Terlebih bagi mereka yang pendapatan per bulannya ada di kisaran Rp. 3 juta setiap bulannya. Jangan sampai terbuai dengan gaya hidup Jakarta yang bisa menyebabkan gaji sebesar apapun terasa tidak cukup untuk bertahan hidup.

Eko seperti dikutip dari Merdeka juga memberi nasihat untuk tidak membandingkan kualitas hidup kita ‘keatas’ sehingga hidup kita selalu merasa kekurangan. Menurut Eko, bahkan yang berpenghasilan kurang dari Rp. 3 juta tetap bisa kok bertahan di Jakarta.

Eko menyarankan bagi yang bergaji Rp. 3 Juta atau kurang agar menghindari hutang, terutama hutang yang bersifat konsumtif. Pengeluaran di prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti sewa tempat tinggal, makan, pakaian. Sementara yang sifatnya pelengkap atau sekedar asesoris hidup di nomorduakan.

Eko mengakui bahwa sulit untuk mereka yang berpenghasilan Rp 3 juta per bulan untuk bisa investasi. Normalnya uang yang disisihkan untuk investasi setidaknya 10 persen dari gaji, sehingga mungkin akan memberatkan. Tetapi bukan berarti tidak bisa investasi lho.

Caranya begitu terima gaji, langsung sisihkan 10% untuk investasi. Bisa dalam bentuk tabungan tapi usahakan dalam rekening lain agar tidak tercampur dengan pengeluaran sehari-sehari. [via Merdeka]

Kalau gaji belum naik, gaya hidup jangan naik,” saran Eko.

a d v e r t i s e m e n t s
tags : gaji 3 juta, cara mengatur gaji 3 juta, gaji 3 5 juta di jakarta, gaji 3 juta di jakarta, cara mengatur keuangan gaji 3 juta, cara mengelola gaji 3 juta, gaji 3 juta per bulan, hidup di jakarta, hidup di jakarta dengan gaji 3 juta, cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta