a d v e r t i s e m e n t s

Cara Mengelola Gaji di Bawah Rp 5 Juta Per Bulan

GAJIAN.NET – Masyarakat Indonesia perlu belajar bagaimana cara pengelolaan keuangan secara tepat, terutama bagi pekerja atau pegawai kantoran yang memiliki pendapatan tetap setiap bulan. Topik bahasan kali ini adalah bagaimana cara mengelola gaji dengan pendapatan kurang dari Rp. 5 Juta per bulan?

Baca juga : Mampukah Bertahan Hidup di Jakarta dengan Gaji 3 Juta per Bulan?

gaji 5 juta

a d v e r t i s e m e n t s

Menurut pakar perencana keuangan Mike Rini Sutikno, pengelolaan gaji diatur menurut skala prioritas. Penentuan skala prioritas ini tidak hanya hanya mengacu pada selera pribadi. Karena banyak orang terjebak dan kesulitan untuk membedakan mana kebutuhan dan yang mana keinginan.

Berikut skala prioritas bagi mereka yang memiliki gaji dibawah Rp. 5 juta per bulan menurut Mike seperti dikutip dari Tribunnews.

1. Menabung untuk kebutuhan masa depan

2. Membayar cicilan atau hutang (jika ada)

3. Membayar premi asuransi.

4. Membayar pengeluaran kebutuhan hidup sehari-hari.

Menurut Mike, menyisihkan uang untuk menabung minimal 30% dari pendapatan per bulan. Ini harus rutin dilakukan, dan harus disisihkan begitu menerima gaji, bukan disisihkan di akhir bulan.

Selain itu, dimungkinkan juga untuk berinvestasi selain menabung, misalnya di pasar modal dengan membeli produk reksa dana. Saat ini produk reksa dana bisa dimulai dengan setoran hanya Rp. 100 ribu per bulan.

Investasi di pasar modal tingkat keuntungannya lebih tinggi daripada produk bank yang konvensial seperti tabungan atau deposito, sehingga lebih menguntungkan. Namun perlu digarisbawahi, saat memilih produk reksa dana diharapkan memahami tujuan investasi dan berapa lama investasi tersebut.

Disarankan bagi mereka yang memiliki penghasilan tetap untuk berinvestasi di pasar modal dengan menyisihkan antara 10 hingga 30 persen dari gajinya setiap bulan.

Mike menyarankan bagi mereka yang bergaji kurang dari Rp 5 juta untuk berlibur satu kali saja dalam satu tahun. Untuk mewujudkannya bisa dengan mempersiapkan dana liburan dari gaji sejak 10 atau 11 bulan sebelumnya. Atau bisa juga dengan memanfaatkan bonus tahunan dari kantor. [via Tribunnews]

a d v e r t i s e m e n t s
tags : cara mengelola gaji 4 juta, mengelola gaji 5 juta per bulan, gaji 5 juta, gaji 5 juta per bulan, mengatur gaji 4 juta, mengelola gaji 4 juta, mengelola gaji 4 juta per bulan, cara menabung dengan gaji 4 juta, mengelola gajo 5 juta, cara mengatur penghasilan dibawah 5 juta