a d v e r t i s e m e n t s

5 Cara Punya Banyak Duit Sebelum Umur 30 tahun

GAJIAN.NET – Lulus sekolah menengah atas atau menjadi sarjana, wajarnya berada pada usia 20-an. Pada usia itu mereka sudah mulai mendapatkan penghasilan sendiri dan mencoba-coba mencari pengalaman baru tentang banyak hal dari gaji mereka sendiri, termasuk mencoba hal-hal yang termasuk dalam kategori mewah seperti keinginan memiliki produk gadget terbaru dan motor sports untuk pria.

Sementara wanita pada usia 20-an mulai mempercantik diri dengan perawatan mahal serta aksesoris yang juga tidak bisa dikatakan murah. Mereka kemudian berlomba-lomba mempermewah diri diantara teman seusianya.

Baca juga  : Punya Gaji Rp. 6 Juta/Bulan, Begini Cara Kumpulkan Uang untuk Menikah

5-cara-punya-uang-banyak-sebelum-usia-30-tahun

a d v e r t i s e m e n t s

Sebagian besar dari perilaku tersebut, membuat mereka terpuruk secara finansial 10 tahun kemudian. Padahal ada banyak cara untuk menjadi kaya punya banyak duit sebelum umur 30 tahun. Berikut 5 cara sukses mengelola gaji agar terhindar dari keterpurukan saat berusia 30 tahun seperti dilansir lifehack.org serta dikutip dari Merdeka:

1. Hindari Berhutang / Lunasi Hutang Secepatnya

Kunci kesuksesan saat memasuki usia 30 tahun adalah tidak memiliki hutang dan tidak sedang berusaha untuk memiliki hutang. Namun jika saat ini sudah memiliki hutang, maka segera lunasi hutang tersebut terutama hutang memiliki bunga kredit.

Bayar atau lunasi hutang sebelum menguras habis tabungan. Atur strategi agar segera terbebas dari hutang dan jangan biarkan terjebak untuk menutupi hutang dengan hutang yang baru.

2. Membuat perencanaan pengeluaran bulanan

Jika ingin memiliki banyak uang sebelum usia 30 tahun, maka yang pertama disisihkan dari gaji bulanan adalah menabung antara 10-30% dari gaji bulanan. Kemudian membayar hutang jika ada, baru kemudian merinci pengeluaran kebutuhan lainnya termasuk membayar tagihan.

Kontrol pengeluaran bulanan agar tidak lagi besar pasak daripada tiang.

3. Hindari hidup mewah

Jujur pada diri sendiri, coba hitung berapa banyak uang dikeluarkan untuk hanya untuk menyenangkan diri sendiri (dan orang lain/pacar). Kebiasaan kongkow di restoran/kafe bersama teman juga termasuk dalam kemewahan, karena lebih banyak hal sia-sia yang dilakukan daripada memberi keuntungan secara finansial dalam kebiasaan itu.

Bersosialisasi, silaturahim dengan teman kadang memang diperlukan untuk memperkuat relasi dan network bisnis, tapi tidak dilakukan setiap pulang kerja atau setiap weekend. Jika kegiatan itu secara positif berpeluang untuk menambah penghasilan bulanan, Anda bisa melakukannya dalam batas normal, menyesuaikan dengan kemampuan.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Salah satu kunci sukses pengelolaan keuangan yang baik adalah selalu membayar tagihan tepat pada waktunya sebelum jatuh tempo.

Setiap tagihan yang tidak dibayar tepat waktu justru akan menambah beban hutang semakin meningkat. Manfaatkan fasilitas autobilling yang dimiliki bank untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan.

5. Mulai simpan uang untuk pensiun

Walaupun Anda masih berada pada usia emas, sedini mungkin siapkan uang untuk masa pensiun Anda. Walaupun sedikit, sisihkan sebagian dari gaji bulanan untuk uang pensiun.

Anda juga bisa menggunakan pihak ketiga dalam hal ini perusahaan asuransi untuk mengelola uang pensiun Anda. Sehingga pada waktunya nanti, Anda sudah berkecukupan tanpa tergantung dengan orang lain meski tidak lagi produktif bekerja.

Untuk menyiapkan dana pensiun, cukup sisihkan 5 persen dari gaji atau pendapatan bulanan. Anda bisa meningkatkannya nanti secara periodik hingga 20% saat pendapatan bulanan Anda meningkat seiring dengan karir Anda yang juga meningkat.

a d v e r t i s e m e n t s
tags : duit banyak, sukses sebelum umur 30 tahun, gambar duit banyak, banyak duit, poto duit banyak, foto duit banyak, poto uang gajian 10, cara kaya di usia 30, sukses sebelum 30, sukses usia 30