a d v e r t i s e m e n t s

Punya Gaji Rp. 6 Juta/Bulan, Begini Cara Kumpulkan Uang untuk Menikah

Seorang netizen bertanya tentang keinginannya menyiasati biaya pernikahan dengan gaji Rp. 6 juta setiap bulannya. Bagaimana caranya?

Gajian.net –  Dikutip dari laman Detik Finance pada kolom konsultasi Prita Ghozie (pakar perencanaan keuangan) seorang netizen meminta saran bagaimana caranya menyiasati biaya pernikahan yang ingin Ia wujudkan dalam 5 tahun ke depan. Saat ini Ia memiliki penghasilan sekitar Rp 6 juta, tinggal di rumah kontrakan dengan biaya sewa  Rp 650.000/bulan. Ia juga masih kuliah dengan kebutuhan biaya sedikitnya Rp. 1 juta setiap bulannya.

Baca juga  : 5 Cara Punya Banyak Duit Sebelum Umur 30 tahun

menikah

a d v e r t i s e m e n t s

Berikut ini saran yang dikemukakan oleh Prita Ghozie menanggapi pertanyaan tersebut diatas. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana pernikahan.

1. Tentukan Waktu Pernikahan
Hal ini menjadi penting, karena dengan telah menentukan waktu pernikahan, maka kita bisa menentukan strategi dan jumlah investasi yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan tersebut.

2. Tentukan Kebutuhan Dana Pernikahan
Biaya pernikahan meningkat setiap tahunnya, kita harus memperhitungkan hal ini. Hal ini tentu saja bergantung juga dengan konsep pernikahan seperti apa yang kita inginkan. Ada baiknya melakukan survey atau bertanya kepada teman atau saudara yang pernah atau sedang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat. Atau bisa juga menanyakan langsung ke pihak perencana pernikahan (wedding organizer).

Berikut adalah ilustrasi estimasi biaya pernikahan saat ini :

Biaya pernikahan saat ini Rp 50.000.000
Kenaikan harga per tahun 10%
Rencana Pelaksanaan Pernikahan 5 tahun dari sekarang
Kebutuhan Dana Pernikahan di Masa Depan (pakai kalkulator finansial Nilai Masa Depan) Rp 80.525.500

3. Tentukan Strategi Investasi
Setelah mendapatkan estimasi kebutuhan dana pernikahan yang dibutuhkan dalam 5 tahun ke depan, maka sekarang adalah menentukan strategi investasi minimal untuk mencapai kebutuhan dana yang dibutuhkan tersebut.  Pakar perencana keuangan menyarankan untuk memilih aset investasi dengan imbal hasil dan risiko tinggi seperti sahan atau reksa dana saham.

Imbal hasil yang diberikan oleh saham dalam jangka panjang sekitar ≥15%. Dengan menggunakan kalkulator finansial, maka investasi yang bulanan yang diperlukan untuk memperoleh dana pernikahan mencapai Rp 80,5 juta dalam kurun waktu 5 tahun ke depan adalah Rp 910.000.

Investasi tersebut bisa disisihkan dari gaji bulanan atau dari bonus tahunan atau bisa juga dari THR. Alokasikan dana yang diperoleh dari penghasilan ke dalam investasi yang dihitung diatas untuk mencapai kebutuhan dana pernikahan pada saat yang telah kita tentukan.

Baca juga  : Cara Mengelola Gaji di Bawah Rp 5 Juta Per Bulan

a d v e r t i s e m e n t s
tags : gaji 6 juta, gaji 6juta